Thursday 26 November 2015

Li-Fi, Generasi Baru Berkecepatan Tinggi


Ketergantungan terhdap Wi-Fi akhirnya bisa hilang. Baru-baru ini sebuah teknologi alternatif menurut ilmuwan dapat mencapai kecepatan 1 Gbps telah hadir di dunia nyata. Kemampuannya sendiri diakui 100 kali lebih cepat dari pada kecepatan rata-rata yang ada pada Wi-Fi. Teknologi baru ini diberi nama Li-Fi.

Dengan menggunakan kecepatan sehebat itu para penggunanya bisa mengunduh film berukuran tinggi hanya dalam hitungan detik saja.

Perusahaan bernama Velmeni mengatakan kepada IBTimes UK bahwa mereka membawa teknologi tersebut dari laboratorium ke kantor-kantor dunia nyata dan lingkungan industri yang ada di Negara Estonia. Yang mana teknologi yang dihasilkan mampu mencapai kecepatan sebagaimana yang sudah diutarakan.

Li-Fi memindahkan data menggunakan lampu LED, yang tentunya bisa berkedip hidup dan mati dalam hitungan nanto detik. Sehingga tidak akan bisa dilihat oleh mata manusia. Li-Fi sendiri lahir pada tahun 2011. Dan penggunaan di laboratorium mampu mencapai kecepatan 224 Gbps.

Berbeda dengan Wi-Fi yang bisa tembus dinding, penggunan Li-Fi didasarkan pada cahaya dan sayangnya tidak bisa menembus dinding. Sehingga penggunaan teknologi baru ini terbatas hanya dalam satu ruangan saja. Akan tetapi adanya batas itu sendiri menjadi sebuah keuntungan, yakni bisa lebih aman dari intervensi eksternal. Tak hanya Velmenni saja, perusahaan lain pun sudah bermunculan untuk membawa Li-Fi ke pelanggan.

Artikel Terkait

Li-Fi, Generasi Baru Berkecepatan Tinggi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email