Tuesday 12 January 2016

Teknologi Memudahkan Atau Memalaskan Hidup?

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, teknologi dalam hidup ini sangat mempermudah segala sesuatu pekerjaan umat manusia. Karena kemudahan itu, tidak sedikit yang menjadi "malas" karena sebagian pekerjaan yang dulu dikerjakan sendiri lambat laun telah bisa dikerjakan oleh teknologi tadi


Tapi diluar itu, bila tidak mengikuti perkembangan teknologi terkini, kita akan tertinggal dan tidak bisa mengikuti arus Jaman yang tergantung akan Teknologi ini dalam semua aspek Kehidupan manusia.
Apa saja teknologi yang Tahun lalu (2015) masih dianggap "jarang", tapi di tahun ini (2016) nanti semua itu akan dianggap lazim dan "kekinian" karena merupakan teknologi Wajib di Tahun 2016 ini kira-kira

1. Perangkat Virtual Reality
Virtual Reality atau Realitas Virtual / Maya merupakan teknologi yang membuat pengguna bisa berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan dengan komputer. Nah, di tahun 2016 ini, akan menjadi tahun pertama konsumen bisa mencoba sejumlah gadget dan game dengan Virtual Reality dan Augmented reality yang berbeda.

Para Produsen dan Peserta Gaming and Virtual Reality Marketplace di International Consumer Electronics Show 2016 juga bakal dihadirkan, sehingga kita bisa mengharapkan berbagai varian gadget Virtual Reality baru yang canggih punya.

Karena Teknologi Virtual Reality ini bisa di-Aplikasikan ke Area Perusahaan-perusahan / Kantor untuk memperlancar aktifitas Presentasi Digital yang bila dulu Presentasi masih berbasis 2 Dimensi/ 3 Dimensi saja.
maka dengan Teknologi Virtual Reality, Presentasi 4 Dimensi akan bisa terwujud .

Ada berbagai produsen yang akan meluncurkan produk VR, seperti Oculus Rift, HTC Vive, dan Sony yang akan meluncurkan PlayStation VR. Ada juga Samsung Gear VR yang menggunakan smartphone sebagai layar. Perusahaan tersebut akan merilis kamera-kamera profesional baru yang memungkinkan konten live-action diciptakan.
Lingkungan tersebut tidak benar-benar ada dan hanya berupa simulasi tapi sangat-sangat terasa NYATA !!!.
Mau coba???


2. Tablet Hybrid

Pada tahun 2015 kemarin, ada tren baru yang akan terus berlanjut di tahun 2016 ini , yaitu menggabungkan teknologi tablet dan laptop. Hybrid artinya menggabungkan dari 2 menjadi satu, seperti tablet yang juga berfungsi sebagai laptop. Penjualan tablet memang menurun 8 persen di tahun 2015 kemarin, maka dari itu produsen harus membuat tablet hybrid jika ingin banyak dilirik konsumen di tahun 2016 ini.

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang sangat diharapkan untuk mendorong kekuatan gadget hybrid baru. Microsoft baru-baru ini mengumumkan Surface Book yang bisa berfungsi dengan baik sebagai tablet dan laptop sekaligus. Dan tablet milik Google juga diharapkan mempunyai penerus Tablet Hybrid mereka yang lebih canggih di tahun 2016 ini gan.


3. Perangkat Modular

Sistem modular berarti beberapa model yang bisa digunakan untuk satu komponen yang sama. Di tahun 2015 kemarin, sudah ada produsen yang mengembangkan perangkat dengan sistem modular, tetapi masih kurang maksimal. Padahal, gadget modular memungkinkan kita bisa menyesuaikan Spek Gadget kita sesuai kebutuhan, prioritas, bisa menghemat uang, dan bisa mengikuti trend.

Contohnya nih ,,,Yang paling terkenal saat ini adalah Project Ara yang didukung oleh Google. Ketika Google meluncurkan Proyek Ara tersebut, kita bisa membeli ponsel dasar yang komponennya bisa diupgrade dan tentuin sendiri sesuka kita, misalnya komponen Kamera dan Prosesor maunya spek apa.
Jadi kaya kita Ngerakit PC, tapi ini berlaku di Gadget
Komponen bisa kita sesuaikan sama Budget dan Kebutuhan kita ,
Keren banget sumpah,,,

4. Proyektor Mobile
Jika beberapa tahun yang lalu, proyektor harus berukuran besar dan susah buat di bawa kemana-mana, maka kini bentuk proyektor bisa lebih portabel dan Ringkas. Tapi pada tahun 2015 kemarin, sudah ada proyektor ringan yang bisa disimpan dalam saku anda, atau mirip dengan bentuk buku yang ringan sih.

Di tahun 2016 ini, proyektor mobile semakin terjangkau dan lebih baik, misalnya RIF6Cube. Proyektor 3 inci ini diciptakan untuk smartphone atau tablet, sehingga anda tidak perlu repot membawa laptop jika ingin presentasi di depan banyak orang, atau menonton film dengan teman-teman di Layar yang Lebar.
Jadi, proyektor akan lebih keren, lebih murah, dan yang pasti lebih praktis buat diajak jalan.

5. Penyimpanan Awan (The Real Clouds)


Jika pada tahun 2015 kemarin, kita terbiasa dengan penyimpanan awan seperti milik Google atau Dropbox. Yang sebelumnya Anda harus membayar agar bisa mendapatkan penyimpanan lebih besar dan lebih aman dari yang versi Free, maka di tahun 2016 ini, hal tersebut tidak perlu membuat Anda pusing lagi...

Soalnya ada solusinya nih, yaitu Drive yang bisa disimpan di rumah Anda, namun file yang ada di dalamnya bisa Anda akses secara online di mana saja dan dari mana saja. Penyimpanan yang ada saat ini adalah alat yang bernama Lima. Bentuknya seperti PowerBank, namun bisa terhubung ke banyak perangkat, misalnya Komputer, Smartphone, dan Tablet. Lima hanya perlu disimpan di rumah, kantor atau dimana saja terserah ente. Namun Anda tetap bisa membuka dan menyimpan file ke alat ini secara online dan Real Time.
Cukup colokin Clouds itu ke Modem atau Router agan biar Online .

Artikel Terkait

Teknologi Memudahkan Atau Memalaskan Hidup?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email