Wednesday 9 December 2015

Ponsel Jadul Lebih Berkualitas Ketimbang Smartphone


Gadget masa kini berteknologi tinggi dan mahal. Dalam penelitian baru-baru ini menemukan, smartphone yang ada kini tidak dapat bekerja lebih baik dari basic ponsel (ponsel jadul) yang berusia sepuluh tahun lalu.

Dikutip dari Dailymail, Selasa (8/12/2015), regulator industri Ofcom melakukan studi yang menemukan handset dari masa lalu memberikan kinerja lebih baik. Baik dalam hal sinyal panggilan dan juga dalam pengiriman teks, dibandingkan smartphone masa kini, seperti yang dijual Apple dan Samsung.

Dalam pengujian tersebut menunjukkan bahwa meskipun dikemas dengan teknologi yang apik, smartphone masih kurang baik dalam hal sinyal, dibandingkan perangkat yang lebih murah.
Penelitian Ofcom juga menemukan, bahwa beberapa smartphone yang diuji memerlukan sinyal 10 kali lebih kuat dibandingkan non smartphone, untuk melakukan dan menerima panggilan. Rata-rata smartphone memerlukan sinyal setidaknya tujuh kali lebih kuat daripada rata-rata non-smartphone pada jaringan 2G.

Smartphone di jaringan 3G terburuk, diperlukan sinyal yang sembilan kali lebih kuat dari level minimum yang direkomendasikan oleh GSMA. Pada jaringan 4G, smartphone berkinerja terburuk diperlukan tujuh kali kekuatan sinyal yang direkomendasikan untuk mengirim data.

Temuan Ofcom ini mendukung klaim bahwa kaca dan logam yang digunakan di smartphone, bertentangan dengan plastik yang digunakan pada ponsel murah, dalam kekuatan sinyal.

Hal ini juga memberikan bukti yang jelas dari peran handset dalam cakupan sinyal, di samping investasi di bidang infrastruktur yang diperlukan untuk meningkatkan cakupan nasional, terutama di daerah pedesaan di mana tiang cenderung terpisah dan memberikan sinyal lebih lemah.

Ofcom menolak untuk mengidentifikasi smartphone yang digunakan dalam penelitian ini. "Kami menguji sejumlah kecil dari ponsel, tidak untuk peringkat tetapi untuk memahami bagaimana handset dilakukan dalam situasi yang berbeda," ujar seorang juru bicara Ofcom.

sumber : http://techno.okezone.com/read/2015/12/08/57/1263283/fakta-bahwa-ponsel-jadul-lebih-berkualitas-ketimbang-smartphone

Artikel Terkait

Ponsel Jadul Lebih Berkualitas Ketimbang Smartphone
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email