Saturday 28 November 2015

Tas Ini Akan Membuat Anda Berhenti Berbelanja




Mahasiwai dari Duncan of Jordanstone College of Art and Design, Skotlandia, berhasil menciptakan tas jinjing yang bisa memarahi pemiliknya. Tentunya hal itu karena ada sebab, diantaranya adalah terpicu oleh kartu kredit.

Dilansir dari bbc.com di dalam tas tersebut, dipasang seperangkat alat elektronik, dan juga celah untuk menaruh kartu kredit. "Ketika kartu kredit diambil, sinyal akan dikirim ke perangkat elektronik yang kami sebut Arduino, yang akan memicu sensor suara yang telah direkam, untuk bekerja" ungkap Leanne Fischler, salah satu perancang tas ini.

Hasilnya dari tas akan keluar suara, “Taruh kembali kartu kreditnya!” atau “Jangan coba-coba untuk belanja!”. Di konsep awalnya tas ini dibuat untuk menghalangi orang untuk berbelanja, dengan mengeluarkan kata-kata : "Sepertinya kamu tidak memerlukannya", dan "Ah, jangan lagi lah".

Tak berhenti di memarahi saja, tas ini pun berfungsi untuk membuat pemiliknya "malu" saat berbelanja. Proyek yang berasal dari tugas akhir tiga mahasiswi ini berujung menjadi tas yang bisa “membuat malu pemiliknya di depan umum”, dengan asumsi kartu kredit benar-benar akan digunakan.

Rebecca Smith, yang ikut merancang tas ini menyebutkan, jika kartu kredit dikembalikan ke tempatnya, ‘suara di tas’ akan berujar, "Aku tahu, kamu pasti mendengarkanku".
Meskipun begitu, tas itu mereka sebut "Masih sekadar konsep" dan belum akan dijual secara komersial.

Rebecca berujar sangat bersemangat membuat desain-desain yang bisa menciptakan perubahan dan mendorong munculnya diskusi. Dirinya pun berkeinginan agar orang-orang melihat dan berinteraksi dengan tas ini.


Artikel Terkait

Tas Ini Akan Membuat Anda Berhenti Berbelanja
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email