Thursday 24 December 2015

Deretan Aplikasi yang Hilang di Tahun 2015


Perkembangan teknologi bergerak sangat cepat, tentu saja hal ini memberikan dampak pada perusahaan yang menaunginya.


Setiap tahunnya, ada saja produk atau layanan yang ditutup yang disebabkan oleh beberapa hal seperti akuisisi, perubahan strategi produk, dan perusahaan akan keluar dari suatu bisnis. Pada 2015, banyak layanan dan produk tersebut yang mati.

Apa saja layanan atau produk yang mati pada tahun ini? Berikut layanan atau produk teknologi yang mati di 2015, sebagaimana dilaporkan Mashable, Kamis (24/12/2015).

Kematian Beragam Layanan Musik

Beberapa streaming musik berhenti mengudara secara digital pada 2015 ini. Sebut saja Rdio, Zune Music Pass, Songza, dan Beats Music. Setelah mengakuisisi Beat Music, yang berupakan bagian dari Beats pada 2014, Apple secara resmi menutup layanan pada 30 November 2015.

Sementara itu, Google mengumumkan akan menutup Songza pada akhir Januari 2016. Padahal, Songza merupakan salah satu layanan streaming radio yang banyak disukai.

Terkuburnya Layanan Produktivitas

Tak hanya layanan streaming musik, beberapa layanan produktivitas juga ikut mati pada 2015. Misalnya saja Mailbox, Tempo, Sunrise dan Carousel. Banyak yang menyebabkan kematian layanan tersebut, salah satunya pada Desember ini, Dropbox mengumumkan bahwa akan menutup Mail box serta aplikasi photo manager, Caraousel pada awal 2016.

Ditutupnya Facebook Creative Labs

Facebook telah mencoba untuk terjun ke sejumlah percobaan aplikasi yang lebih kecil selama bertahun-tahun. Bila tahun lalu melihat kematian Facebook Poke, tahun ini perusahaan menutup divisi Creative Labs, yang bertanggung jawab untuk aplikasi seperti Slingshot dan Rooms dan Rift.

Tata, Topsy, dan HopStop

Ketika Apple mengakuisi sebuah perusahaan, tak jarang bahwa perusahaan itu terus eksis sebagai entitas sendiri. Itulah sebabnya, hal itu tidak mengejutkan, dua layanan akuisisi Apple pada 2013, HopStop dan Topsy sekarang hilang.

HopStop merupakan aplikasi transportasi yang bagus dan membantu pengguna menavigasi angkutan missal di berbagai kota. Layanan ini ditutup pada September 2015, tak lama setelah iOS 9 rilis. Adapun Topsy, layanan analis sosial secara resmi pada Desember 2015.

Betamax

Sony secara resmi memberhentikan pengiriman kaset Betamax pada November 2015. Hal yang paling menakjubkan tentang cerita ini bukan karena Sony menghentikan penjualan kaset Betamax. Sebagai format konsumen, Betamax mati pada 1980-an. Namun, format bertahan di dunia penyiaran selama 30 tahun. Bahkan kaset Betamax hidup lebih lama dari kaset VHS.

Aplikasi News

Selama lima tahun terakhir, banyak perusahaan telah mencoba untuk menemukan kembali bagaimana mendapatkan berita. Aplikasi news yang mati pada 2015 ini adalah Circa dan Prismatic.

sumber : http://techno.okezone.com/read/2015/12/23/207/1273589/deretan-layanan-teknologi-yang-mati-di-2015

Artikel Terkait

Deretan Aplikasi yang Hilang di Tahun 2015
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email