Sunday 6 December 2015

Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram yang Bisa Disentuh

Kelompok ilmuwan di Jepang telah melakukan pengembangan di bidang tekonologi hologram, hologram yang mereka buat dapat disentuh oleh tangan manusia.

Memanfaatkan teknologi laser femtosecond, ilmuwan Jepang itu mengembangkan ‘Fairy Light’. Fairy Light merupakan sistem yang menembakkan sinar laser berfrekuensi tinggi. Tembakan laser itu berlangsung sepersejuta miliar per detik.

Sinar laser tersebut dapat disentuh oleh manusia, sehingga ketika cahaya tersebut terganggu, maka piksel hologram dapat dimanipulasi di udara. Hologram sentuh ini dibuat menggunakan laser yang disediakan oleh universitas untuk para peneliti.

Ketika disentuh, permukaan hologram akan terasa seperti sedang memegang kerta amplas yang keras dan kasar. Telah ditemukannya penemuan baru itu, kedepannya memungkinkan manusia berinteraksi dengan hologram.

Berdasar situs Headlines Pulse, hasil dari pengembangan dari teknologi ini memungkinkan untuk membuat keyboard komputer yang terbuat dari cahaya. Bahkan atau memungkinkan pengguna video chat untuk mengalami sentuhan virtual dengan lawan bicara mereka.

Masih berdasar situs yang sama, penggunaan teknologi hologram yang bisa disentuh telah didemonstrasikan beberapa waktu yang lalu. Akan tetapi laser yang digunakan malah membakar tangan manusia.

Penggunaan teknologi hologram yang bisa disentuh ini pun masih sebatas digunakan untuk dunia fashion saja. Namun mengingat sumber dayanya yang melimpah, diharapkan dari teknologi hologram ini dapat dimanfaatkan dalam bidang medis, arsitektur, hingga hiburan.

Artikel Terkait

Ilmuwan Jepang Ciptakan Hologram yang Bisa Disentuh
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email