Tuesday 19 January 2016

Penjualan PC Tahun Ini Anjlok


Dilansir dari berita CNN Indonesia, musim liburan dan diperkenalkannya Windows 10 ternyata tak mampu mendongkrak penjualan PC di seluruh dunia. IDC dan Gartner mencatat bahwa pertama kalinya penjualan PC berada di bawah 300 juta unit dalam tujuh tahun terakhir.


Menurut IDC, industri PC mengalami penurunan 10,6 persen pada kuartal terakhir 2015. Hal ini tercatat sebagai penurunan terbesar yang terjadi dalam sejarah jika dibandingkan dengan tahun 2013 yang hanya 9,8 persen.

Windows 10 yang awalnya diprediksi akan membangkitkan industri PC ternyata juga tak bicara banyak.

IDC dan Gartner meyakini bahwa industri PC akan lebih baik pada tahun mendatang. Hal ini akan didorong oleh terus meningkatnya adopsi Windows 10 pada berbagai perangkat dan hadirnya perangkat baru yang mendukung sistem operasi tersebut.

Ada beberapa hal yang membuat penjualan PC terus merosot menurut IDC. Di antaranya adalah adanya persaingan dengan smartphone dan tablet, lemahnya mata uang internasional, dan adanya program gratis upgrade ke Windows 10. Program ini dianggap mampu mencegah orang yang sudah memiliki PC pada tahun 2014 untuk membeli PC baru pada tahun 2015.

Di sisi lain, penjualan Mac tidak berpengaruh bahkan terus bertumbuh. Menurut Gartner dan IDC, saat ini Apple menduduki posisi ketiga sebagai produsen PC terbesar di AS setelah menyalip Lenovo. Untuk skala internasional, IDC menempatkan Apple pada posisi keempat. Sedangkan Gartner menempatkannya pada posisi kelima.

Artikel Terkait

Penjualan PC Tahun Ini Anjlok
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email