Sunday 22 November 2015

Kayu pun Bisa Dijadikan Mie, Mau Coba?


Umumnya makanan dengan jenis mie dibuat dari bahan gandum. Kali ini berbeda, perusahaan tekstil asal Jepang berhasil memproduksi mie dengan jenis baru, yakni berasal dari kayu pohon. Terdengar cukup gila bukan? Padahal umumnya manusia tidak pernah menggunakan kayu sebagai bahan makan.



Dilansir dari Gizmodo, perusahaan yang memproduksi mie dari bahan kayu adalah Omikenshi Co yang berbasis di Osaka, Jepang. Perusahaan tekstil yang berdiri sejak 90 tahun lalu itu mengembangkan teknologi yang bisa memadukan serbuk kayu dengan bahan pangan lain. Campuran tersebut nantinya bisa diolah menjadi mie.

Para karyawan di perusahaan itu memakai teknologi yang sama, antara membuat tekstil dan membuat mie. Akan tetapi secara khusus bahan yang digunakan berbeda dan pastinya aman untuk manusia. Mereka bisa membuat mie yang rendah lemak, rendah karbohidrat, rendah kalori, dan tanpa gluten. Kita bisa ambil contoh, mie yang terbuat dari gandum memiliki 1669 kalori per pon, sedangkan mie yang terbuat dari pohon ini hanya memiliki 27 kalori.

Omikenshi Co pun berharap agar mie buatan mereka bisa menggantikan mie yang terbuat dari bahan gandum. Dan bisa digunakan sebagai pengganti untuk makanan ramen atau pasta. Mereka pun berharap agar mie yang dihasilkan bisa dikirimkan ke negara lain, seperti Tiongkok yang masyarakatnya berjuang dengan epidemi obesitas.

Tak hanya menciptakan inovasi dengan membuat mie dari bahan kayu agar dapat dimakan dengan lebih baik. Mereka pun memiliki tujuan mulia agar dapat meningkatkan taraf ekonomi petani lokal Jepang.

Omikenshi pun menggelontorkan dana sebesar 8 juta USD untuk mendirikan sebuah pabrik yang berada di selatan Jepang. Pabrik tersebut dapat memproduksi 3 juta ton mie pohon dalam satu bulan dan mulai beroperasi pada tahun 2016 mendatang. Adakah yang mau mencoba mie kayu ini? Silahkan datang ke Jepang ya.

Artikel Terkait

Kayu pun Bisa Dijadikan Mie, Mau Coba?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email