Saturday 28 November 2015

Kini Mozilla Firefox Tidak Minta Uang dari ‘Papa’


Sudah sangat lama Mozilla survive lewat dana yang diberikan para mitra perushaan pencari. Termasuk diantaranya oleh Google sebagai pemimpin pasar abad ini. Akan tetapi, kini perusahaan tersebut (Mozilla) menyebutkan bahwa mereka sudah tidak lagi membutuhkan uang dari Google.

Pihak dari mozilla berujar bahwasanya saat ini mereka sudah tidak lagi punya hubungan dengan Google. Kepala Bisnis Mozilla Denelle Dixon-Thayer mengatakan bahwa mereka yakin bekerja dengan mesin pencari tidak akan menghasilkan uang yang lebih banyak.

Memang sudah sangat lama sekali Mozilla mendapatkan penghasilan dari Google. Pasalnya Google telah dijadikan mesin pencari yang sudah default bagi mozilla. Dari pendapatan sepanjang 2014, sebesar US$ 330 juta berasal dari kerja sama dengan mesin pencari.

Mozilla memiliki keyakinan untuk menggandeng perusahaan mesin pencari lain, seperti Yahoo di wilayah Amerika Serikat, Yandex untuk di Rusia, dan Baidu di China. Firefox masih memakai Google untuk pengguna di kawasan Eropa.

Berakhirnya hubungan Mozilla dengan Google memberikan fleksibilitas bagi Firefox dalam mencari mitra. Hal tersebut membuat Mozilla harus melakoni kompetisi sengit dengan browser Chrome buatan Google yang mulai dilirik sebagai pilihan. Saat ini mozilla sedang mengembangkan sistem operasi mobile Firefox OS, yang diharapkan bisa menyaingi Android buatan Google.

Sayangnya, sampai saat ini, Firefox OS belum mendapat banyak dukungan dari mitra pembuat perangkat maupun pengembang aplikasi pihak ketiga. Sehingga, ekosistemnya masih stagnan.

Artikel Terkait

Kini Mozilla Firefox Tidak Minta Uang dari ‘Papa’
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email